Manajemen Strategi
STRATEGI GENERIK PORTER
(Differensiasi, Cost
Leadership, Focaussed Cost Leadership)
OLEH :
Nama : IRA
PARAMITA
Stambuk : (11179340)
Kelas : 6C
SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN MAKASSAR
TAHUN AJARAN
2013/2014
Soal :
1.
Sebutkan kelebihan dan kekurangan masing-masing Strategi Generick Porter (differensiasi, kepemimpinan,
focus) ?
2.
Bagaimana masing-masing strategi hubungannya dengan lima kekuatan
bersaing?
Jawab :
1. Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Strategi Generick Porter Yaitu :
Dalam
analisanya tentang strategi bersaing (competitive strategy atau disebut juga Porter’s Five Forces)
suatu perusahaan, Michael A. Porter mengintrodusir 3 jenis strategi generik, yaitu:, Pembedaan
Produk (Differentiation),Keunggulan Biaya
(Cost Leadership) dan Focus.
a. STRATEGI PEMBEDAAN
Strategi Pembedaan Produk (differentiation),
mendorong perusahaan untuk sanggup menemukan keunikan tersendiri dalam pasar
yang jadi sasarannya. Keunikan produk (barang atau jasa) yang dikedepankan ini
memungkinkan suatu perusahaan untuk menarik minat sebesar-besarnya dari
konsumen potensialnya.
Kelebihannya :
Strategi pembedaan mengharuskan perusahaan menyediakan produk yang
memiliki keunikan ciri dan karakteristik bagi konsumennya. Karena keunikannya
produk yang dibedakan dijual dengan harga tinggi. suatu perusahaan yang
menggunakan strategi diferensiasi berusaha berbeda dari para pesaingnya dalam
sebanyak mungkin dimensi . Semakin sedikit kemiripan antara barang dan jasa
perusahaan dengan para pesaingnya semakin perusahaan itu dapat bertahan dari
tindakan-tindakan pesaingnya
Kekurangannya:
v
Keputusan kelompok konsumen bahwa perbedaan antara produk yang
dibedakan dan produk standar tidak senilai dengan harga tingginya produk yang
dibedakan.
v
Ketidak mampuan produk yang dibedakan untuk menciptakan jenis
nilai yang mau dibayar oleh konsumen.
v
Kemampuan pesaing untuk menyediakn konsumen dengan produk yang
memiliki fungsi yang mirip dengan produk dibedakan, tetapi dengan biaya lebih
rendah.
b. KEPEMIMPINAN
BIAYA
Untuk dapat menjalankan strategi biaya rendah,
sebuah perusahaan harus mampu memenuhi persyaratan di dua bidang, yaitu: sumber
daya (resources) dan organisasi. Strategi
ini hanya mungkin dijalankan jika dimiliki beberapa keunggulan di bidang sumber daya perusahaan,
yaitu: kuat akan modal, trampil pada rekayasa proses (process engineering), pengawasan
yang ketat, mudah diproduksi, serta biaya distribusi dan promosi rendah.
Sedangkan dari bidang organisasi, perusahaan harus
memiliki: kemampuan mengendalikan biaya dengan ketat, informasi pengendalian
yang baik, insentif berdasarkan target (alokasi insentif berbasis hasil).
Kelebihannya:
Kepemimpinan biaya mengefisienkan seluruh biaya
produksi sehingga menghasilkan produk atau jasa yang bisa dijual lebih murah
dibandingkan pesaing. Strategi harga murah ini fokusnya pada harga, jadi
biasanya produsen tidak terlalu perduli dengan berbagai faktor pendukung dari
produk ataupun harga yang penting bisa menjual produk atau jasa dengan harga
murah kepada konsumen. Warung Tegal misalnya mengandalkan strategi harga.
Mereka tidak perduli dengan kenyamanan orang ketika makan, bahkan juga dengan
kebersihan, yang penting bisa menawarkan menu makanan lengkap dengan harga yang
sangat bersaing.
Kekurangannya:
v peralatan
manufaktur pemimpin biaya dapat menjadi usang karena inovasi teknologi para
pesaingnya.hal ini mengakibatkan kemungkinan untuk pesaingnya memproduksi pada
tingkat biaya yang lebih rendah daripada pemimpin biaya.
v Terlalu banyak
fokus pada pengurangan harga juga dapat membuat perusahaan kurang memperhatikan
kebutuhan pelanggan atau isu2 yang berkaitan dengan dimensi pesaing lainnya.
v Yang terakhir
resiko yang berkaitan dengan imitasi (penjiplakan). Dengan menggunakan
kompetensi inti yang dimilikinya sendiri. Terkadang para pesaing belajar
bagaimana cara meniru strategi pemimpin biaya dengan berhasil. Pemimpin biaya
harus mencari jalan untuk meningkatkan nilai barang dan jasa yang ditawarkannya
kepada para pelanggan. Biasanya nilai meningkat dengan menjual produk yang ada
saat ini dengan harga yang labih murah,bahkan pemimpin biaya harus tetap
berhati-hati ketika mengurangi harga ke tingkat yang lebih rendah,jika harga
barang dan jasa berada di posisi rendah secara tidak realistas,harapan
pelanggan terhadap apa yang mereka lihat sebagai harga yang masuk akal akan
sulit diubah.
c. STRATEGI FOKUS
Syarat bagi penerapan strategi ini adalah adanya besaran
pasar yang cukup (market size), terdapat potensi
pertumbuhan yang baik, dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing dalam rangka
mencapai keberhasilannya (pesaing tidak tertarik untuk bergerak pada ceruk
tersebut). Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan
suatu kekhasan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing
Kelebihannya:
Perusahaan menggunakan strategi fokus untuk melayani kebutuhan khusus segmen yang sempit dari suatu pasar. Strategi ini akan berhasil jika perusahaan memiliki kompetensi inti yang dibutuhkan untuk memberikan nilai bagi suatu kelompok konsumen lebih dari nilai yang diberikan oleh perusahaan yang melayani konsumen tertentu di seluruh industri.
Perusahaan menggunakan strategi fokus untuk melayani kebutuhan khusus segmen yang sempit dari suatu pasar. Strategi ini akan berhasil jika perusahaan memiliki kompetensi inti yang dibutuhkan untuk memberikan nilai bagi suatu kelompok konsumen lebih dari nilai yang diberikan oleh perusahaan yang melayani konsumen tertentu di seluruh industri.
kekurangannya:
v
Kemampuan pesaing dalam menggunakan kompetensi intinya untuk lebih
terfokus dengan cara melayani suatu segmen pasar yang yang didefinisikan dengan
lebih sempit.
v
Keputusan dari pesaing tingkat industri untuk menggunakan sumber
dayanya untuk melayani kebutuhan konsumennya yang khusus yang telah dilayani
oleh perusahaan yang terfokus tersebut.
v Penggunaan pembedaan dan kebutuhan di antara konsumen suatu pasar
yang khusus dengan pasar keseluruhan.
2.
Hubungan
Strategi Generik Porter Dengan Lima Kekuatan Bersaing Yaitu
Lima
Kekuatan bersaing
|
Strategi Generik Porter
|
||
Biaya Kepemimpinan
|
Strategi diferensiasi
|
Strategi fokus
|
|
Ancaman
pendatang baru
|
Kemampuan untuk memotong harga sebagai
pembalasan menghalangi pendatang potensial.
|
Loyalitas pelanggan dapat mencegah pendatang potensial
|
mencegah pendatang potensial.Fokus mengembangkan kompetensi inti yang dapat bertindak sebagai entry barrier.
|
pembeli
kekuatan pada pembeli |
Kemampuan untuk menawarkan harga yang lebih rendah untuk pembeli yang kuat.
|
Pembeli besar memiliki energi lebih sedikit untuk bernegosiasi karena alternatif dekat beberapa.
|
Pembeli besar memiliki energi lebih sedikit untuk bernegosiasi karena beberapa alternatif.
|
kekuatan pada penjual
|
Lebih baik terisolasi dari pemasok yang kuat.
|
Lebih mampu untuk meneruskan kenaikan harga pemasok
kepada
pelanggan.
|
Pemasok memiliki kekuatan karena volume yang rendah, tetapi diferensiasi-fokus perusahaan adalah
lebih mampu untuk lulus pada harga pemasok
|
barang pengganti
|
Dapat menggunakan harga rendah untuk mempertahankan diri pengganti
|
Pelanggan yang menjadimelekat membedakanatribut, mengurangiancaman pengganti
|
Produk khusus & kompetensi inti melindungi terhadap pengganti
|
intensitas persaingan
|
Lebih mampu bersaing di harga
|
Loyalitas merek untuk menjaga pelanggan dari saingan.
|
Rivals tidak dapat memenuhi diferensiasi yang berfokus pada pelanggan.
|
Strategi-strategi generik masing-masing
memiliki atribut yang dapat berfungsi untuk membela terhadap kekuatan
kompetitif. Tabel berikut membandingkan beberapa karakteristik dari strategi
generik dalam konteks lima kekuatan Porter.Strategi generik dan Angkatan
Industr.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar